PAUD MANDIRI RW-02

PROFIL
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD-MANDIRI)
RW. 02 Kelurahan Johar Baru Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat
Berdiri pada : 27 Nopember 2008

I.    PENDAHULUAN

1.  Pendidikan Anak Usia Dini 
Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih berhasil dari mereka. Sebaliknya tidak ada orang tua di muka bumi ini yang menginginkan anak-anaknya lebih rendah kedudukan sosialnya, gagal dalam hidupnya dan tidak memiliki masa depan yang cerah.
Anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa sehingga setiap orang yang dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa depan keluarga. 

Teori yang mangatakan bahwa pendidikan yang pertama dan terutama adalah dalam keluarga sangat tepat sehingga orang tua harus sebagai contoh dan model bagi anak.Hal ini diperkuat oleh pendapat Martin Luther (1483 - 1546) yang mengatakan bahwa keluarga adalah pihak paling penting dalam pendidikan anak. Jika orang tua dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi anak-anaknya maka sikap anak tidak jauh beda dari orang tuanya demikian sebaliknya apabila orang tua tidak dapat memberikan contoh dan teladan yang baik maka orang tua tidak bisa berharap banyak anak-anaknya akan menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan orang tua, bukankah buah jatuh tidak jauh dari pohonan.
Pendidikan anak usia dini dilakukan dengan tujuan memberikan konsep yang bermakna bagi anak melalui pengalaman nyata dan bermakna. Hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal dan menempatkan posisi pendidik sebagai pendamping, pembimbing serta fasilitator bagi anak sehingga menghindari bentuk pembelajaran yang hanya berorientasi pada kehendak guru yang menempatkan anak secara pasif dan guru menjadi dominan. 
Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual.Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan.Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini (Kelompok bermain, Taman Penitipan Anak, Satuan PAUD sejenis lainnya) sangat tergantung pada sistem dan proses pendidikan yang dijalankan. 
2. Penyelenggara PAUD
Kami dari Rukun Warga 02 Kelurahan Johar Baru Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat sangat peduli dengan pendidikan, dan kami senantiasa berusaha ikut serta dalam rangka mensukseskan tujuan pendidikan Nasional Indonesia dan dengan adanya upaya agar RW 02 dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat setempat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, maka salah satu upaya pengembangan pendidikan yang dilakukan adalah dengan membuka dan menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini yang kami beri nama PAUD-MANDIRI.
PAUD-MANDIRI dalam kiprahnya di dunia pendidikan terutama dalam rangka penyelenggaraan PAUD perlu mendapatkan dukungan dan dorongan dari berbagai pihak yang berkompeten.Dukungan dan dorongan tersebut terutama yang diharapkan dari Dinas P dan K sebagai Instansi yang berwenang atas penyelenggaraan pendidikan di sentra Nasional Indonesia.
II.    VISI, MISI DAN TUJUAN
1)    Visi
Visi PAUD-MANDIRI adalah Menjadikan Dunia Anak Lebih Bermakna.Setiap waktu yang dilalui anak adalah waktu emas yang sangat bermakna. Namun demikian karena kurangnya pengetahuan orangtua dan pengasuh (pembimbing), waktu yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan potensi terpendam malah menjadi petaka yang akan merusak perkembangan Anak. Waktu yang seharusnya menjadikan anak tumbuh dan berkembang menjadi diri mereka sendiri, malah digunakan untuk memuaskan orangtua.
Untuk itu PAUD-MANDIRI hadir untuk bekerja sama dengan orangtua untuk mengembalikan waktu anak sehingga waktu anak adalah waktu terbaik, waktu paling bermakna untuk proses perkembangannya.

2)    Misi
Misi PAUD-MANDIRI dalam mewujudkan Visi di atas adalah dengan melaksanakan beberapa rencana :
  • Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada anak
  • Memberikan kegiatan pembelajaran yang membebaskan proses berkembangnya potensi anak
  • Melakukan pembimbingan dan pengasuhan yang terbaik agar anak mendapat pembelajaran yang terabaik
  • Melaksanakan kerja sama dengan pihak lain seperti orangtua, lembaga pengasuhan lain agar dunia anak dapat dimiliki anak sepenuhnya
  • Melakukan kampanye kepada masyarakat agar anak usia dini memperoleh pembelajaran dan pengasuhan yang terbaik
3)    Tujuan
Tujuan PAUD-MANDIRI secara umum adalah :
  1. Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, PAUD yang diselenggarakan harus dapat mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
  2. Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah; pertama, menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasardasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam implementasinya di lembaga PAUD dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing) , belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuhkembangkan keterampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin.
  3. Apabila semua pihak terutama orang tua mengetahui dan sadar akan pentingnya PAUD serta didukung oleh tenaga pendidik yang dapat melaksanakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan prinsip dan tujuan belajar anak usia dini maka akan terciptalah anak Indonesia yang cerdas, terampil dan bertanggung jawab yang tentunya didukung oleh kesehatan yang baik serta akhlak mulia karena pendidikan anak usia dini harus dilakukan secara holistik atau menyeluruh baik ilmu, watak dan kepribadian, iman yang baik serta kesehatan yang prima. Dengan jalan ini PAUD-MANDIRI diharapkan mampu menyiapkan masa depan anak yang diharapkan pada waktunya mampu membawa bangsa ini menuju kejayaan dan mampu bersaing dengan dunia global.
III.    KONDISI
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD-MANDIRI) kini tengah menyelenggarakan proses pendidikan yang telah berjalan selama +4 bulan. PAUD-MANDIRI tepatnya didirikan pada tanggal 27 Nopember 2008.Pendiri PAUD MANDIRI yaitu Ibu. Umiyati H. dan Ketua PAUD-MANDIRI yaitu Bapak Firman yang sekaligus sebagai Ketua RW. 02.
Sarana pendidikan PAUD-MANDIRI saat ini masih menggunakan Gedung RW. 02 dengan proses belajar mengajar dibagi menjadi 2 (dua) kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 20 siswa/murid, dengan jumlah tenaga pendidik sebanyak dua orang yang background pendidikannya adalah guru TK. Jumlah siswa pada saat ini sebanyak 40 orang,

IV.    PARTISPASI MASYARAKAT
Partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan PAUD-MANDIRI cukup menggembirakan. Hal ini dapat ditandai dengan keikutsertaan mereka berpartisipasi dengan cara menyekolahkan anak usia dini mereka ke PAUD-MANDIRI. Disamping itu mereka para orang tua siswa tidak segan-segan dalam memberikan infaq dan shadaqah terhadap penyelenggaraan PAUD.

V.    PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK/GURU
Data peserta didik dan pendidik/guru dapat diihat pada lampiran 1, 2 dan 3.

VI.    STRUKTUR ORGANISASI
Untuk memudahkan dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD-MANDIRI maka disusun kepengurusan yang mempunyai peran dan fungsi masing-masing
VII.    RENCANA PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN
PAUD-MANDIRI memiliki perencanaan pengembangan di masa depan. Diantaranya adalah :
  1. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak usia dini yang lebih memadai
  2. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan PAUD dengan cara mengadakan seminar dan lokakarya
  3. Melakukan pendekatan kepada instansi dan atau Dinas yang berkompeten untuk melancarkan program pedidikan yang diselenggarakan.
  4. Melakukan kampanye kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.
  5. Membangun gedung khusus untuk PAUD-MANDIRI yang rencana lokasi dekat Gedung RW. 02
VIII.    PENUTUP
PAUD-MANDIRI berdasarkan konsep dan rencana pengembangan sudah dikatakan matang.Namun dalam tataran operasional sangat membutuhkan dukungan dan dorongan dari berbagai pihak.Oleh karena itu kami mengharapkan adanya sumbangsih berupa ide/pemikiran dan dorongan berupa moril maupun materil.
Atas partisipasi semua pihak yang terlibat kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar